Minggu, 28 April 2013

PROPOSAL ILMIAH


1.      Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangan teknologi sistem informasi saat ini memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dapat semakin ringan dikerjakan dengan bantuan komputer. Demikian halnya dengan pengelolaan sistem perangkat jaringan pada sebuah perusahaan, para teknisi perangkat jaringan dituntut untuk bekerja dengan cepat, efektif, dan seefisien mungkin dalam menangani dan memberikan informasi tentang masalah- masalah yang terjadi pada perangkat jaringan yang ada di lapangan.
Dengan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu aplikasi pemecahan masalah-masalah yang terjadi pada perangkat jaringan transmisi data, aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mendeteksi permasalahan yang ada sehingga penanganan pemecahan masalah perangkat jaringan dapat ditangani lebih cepat, efektif dan, efisien. Dengan menggunakan bahasa pemrograman java, jalannya operasi sebuah divisi pada perusahaan dapat diakses dengan efektif oleh para pengguna sistem dengan bantuan komputerisasi
Sebagai salah satu syarat sidang skripsi pada Universitas Gunadarma Kalimalang, mahasiswa diharuskan membuat Penulisan Ilmiah yang isinya berupa suatu produk yang layak jual atau layak pakai, sehingga kompetensi mahasiswa dapat dilihat secara langsung dari penulisan ilmiah yang dikerjakannya.
Dengan latar belakang diatas kami mahasiswa Universitas Gunadarma Kalimalang smester 6 membuat Penulisan Ilmiah dengan judul APLIKASI DETEKSI GANGGUAN TRANSMISI DATA JARINGAN.



1.2  Ruang Lingkup Masalah
Ruang lingkup masalah dari penulisan ini dibatasi pada perancangan deteksi terputusnya transmisi data pada sistem perangkat jaringan, penulis membuat sebuah aplikasi pemecahan masalah transmisi data pada perangkat jaringan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans IDE. Materi yang digunakan untuk aplikasi ini adalah pengetahuan tentang alat transmisi data perangkat jaringan yang diantaranya adalah perangkat metro, switch, converter, SDH networking, dan router.

1.3  Tujuan Penulisan
Penulisan ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan para pengguna perangkat jaringan transmisi data untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan efektif dan cepat sehingga dapat lebih memudahkan kinerja para pengguna perangkat jaringan dalam melakukan penanganan masalah transmisi data jaringan.

1.4  Metode Penulisan
Dalam menyusun dan menyelesaikan penulisan ini, penulis melakukan riset yang akan digunakan sebagai dasar perancangan aplikasi, dan dari beberapa literatur yang didapatkan dari buku sebagai referensi, serta artikel-artikel yang di dapat dari internet.

1.      Tahap Perancangan
Pengguna menjalankan aplikasi deteksi gangguan transmisi data jaringan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh aplikasi, setiap jawaban akan diproses untuk mendeteksi dimana letak gangguan transmisi data jaringan yang kemudian bisa langsung diterapkan dalam mengatasi gangguan transmisi data yang ada.
2.      Tahap Analisis
Pada Tahap ini penulis melakukan riset lapangan mempelajari alur transmisi data jaringan dari tiap segmen dan perangkat yang digunakan sebagai alat transmisi data. Penulis juga mengkonsultasikan gangguan yang ada pada teknisi yang bekerja di lapangan.


3.      Tahap Desain
Penulis akan membuat tampilan semenarik mungkin yang sesuai dengan tema dari judul aplikasi yang akan dibuat, dilanjutkan dengan input code pemrograman singga aplikasi dapat dijalankan dengan baik, dan diakhiri dengan tahap uji coba aplikasi.
4.      Tahap Uji Coba
Pengujian Program aplikasi dilakukan dengan pengujian langsung ke lapangan menyelesaikan gangguan dengan bantuan aplikasi yang telah ada, mendeteksi dimana gangguan transmisi data serta melakukan cek kebenaran hasil deteksi dari aplikasi yang telah dibuat.
Bab I                        PENDAHULUAN
Menjelasakan tentang latar belakang, ruang lingkup masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, serta sitematika penulisan.

Bab II           LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori yang dipakai yang berhubungan dengan software dan hardware yang akan dibahas untuk membangun aplikasi ini.

Bab III         PERANCANGAN DAN PEMBUATAN
Menjelaskan bagaimana proses pembuatan aplikasi, mulai dari desain program, struktur program, penulisan coding, hingga uji coba program aplikasi.

Bab IV         PENUTUP
Terdiri dari kesimpulan dan saran yang diperoleh dari pembahasan penulisan ilmiah.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar